KEADAAN FISIK WILAYAH INDONESIA


Daftar Isi:

1. Kondisi geologis Indonesia
2. Bentuk Muka Bumi
3. Kondisi Iklim Indonesia


KEADAAN FISIK WILAYAH INDONESIA

Keadaan fisik Indonesia dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi dan keadaan iklim. keadaan fisik akan memepengaruhi corak atau karakteristik kehidupan makhluk hidup yang tinggaldi dalamnya.

KONDISI GEOLOGIS INDONESIA


Letak geologis merupakan letak suatu wilayah, negara ataupun benua berdasarkan kondisi geologis yang ada di wilayah tersebut. Seperti susunan batu-batuan yang menyusun lapisan bumi di wilayah tersebut. Atau secara umum mengacu pada lempengan lempengan bumi yang berada pada lapisan kulit bumi pada daerah tersebut.

Letak geologis Indonesia juga cukup strategis. Secara geologis, Indonesia tempat kita tinggal terdiri atas lempengan yang bergerak terhadap satu dengan yang lain. letak Indonesia di antara beberapa lempengan bumi dan beberapa dangkalan laut. Akibatnya kondisi geografis Indonesia berbeda-beda di tiap wilayahnya. Daerah Indonesia bagian barat dilalui oleh deretan Pegunungan Muda Mediterania, yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Himalaya dengan sifat basa. Sedangkan daerah Indonesia bagian tengah dan timur dilewati oleh deretan pegunungan Serkum Pasifik yang cenderung bersifat asam.

Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik besar yaitu: lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan Lempeng Eurasia di lepas pantai Jawa, Sumatra dan Nusa Tenggara. Bertabrakan juga dengan lempeng pasifik di daerah Maluku dan Papua. Tubrukan lempeng tersebut kemudian membentuk rangkaian pegunungan yang sebagian menjadi gunung api di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara. Di daerah pertemuan lempeng ini sering terjadi gempa bumi, tsunami dan tanah longsor. Bencana alam disebabkan oleh akumulasi energi yang tak sanggup tertahan sehingga lepas. 

Letak geologis Indonesia ditandai dengan tiga hal berikut :
  • Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan besar dunia. Yaitu rangkain sirkum mediterania dan sirkum pasifik.
  • Indonesia berada di titik pertemuan tiga lempeng litosfer, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.
  • Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu dangkalan sunda, dangkalan sahul dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis.
                             Sumber: Buku siswa IPS kelas VII

                                        Gambar Tumbrukan lempeng dan rangkaian gunung api di Indonesia.

Selain membentuk pegunungan dan gunung api, tumbukan antarlempeng menghasilkan fenomena gempa bumi. Gempa bumi tektonik terjadi karena lempeng bumi yang saling bertubrukan dengan menghasilkan getaran yang sampai di permukaan bumi. Gempa bumi dapat terjadi di dasar laut mengakibatkan gelombang yang besar sampai ke pantai yang menimbulkan Tsunami.

Bencana meletusnya gunung sering terjadi di Indonesia. Gunung berapi adalah lubang kepundan atau rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairan magma, gas, cairan lain ke permukaan bumi. Gunung berapi di Indonesia umumnya bertipe strato yaitu gunung berapi berbentuk kerucut yang tinggi dengan lereng yang curam. Gunung berapi yang aktif biasanya ada aktivitas kegunungapian seperti semburan gas, asap, dan material dari dalam gunung.

Ada 4 penyebab terjadinya gempa bumi dan penyebab terjadinya Tsunami. Berikut tayangan video 


Silahkan isi quis berikut: