KEHIDUPAN  MASYARAKAT PADA MASA ISLAM


Gambar pedagang arab

DAFTAR ISI

1. Masuknya Islam ke Indonesia
2.Penyebaran Islam di Indonesia
3. Pengaruh Islam terhadap Masyarakat Indonesia

MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA
  
Tahukah Kamu kapan pertama kali Islam masuk Indonesia dan dari mana tempat asalnya? Pertanyaan itu perlu dikaji dari pendapat para ahli untuk menjawabnya. Para ahli sejarah memberikan 4 teori bagaimana proses masuknya Islam ke Indonesia. Masing-masing teori dijelaskan berdasarkan rentan waktu yang berbeda. Mulai dari abad ke 7, hingga ada pula yang menyebutkan abad ke 13
Teori-teori proses masuknya Islam ke Indonesia :

1. Teori Gujarat
Teori ini beranggapan bahwa agama dan kebudayaan Islam dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka. Teori ini menjelaskan bahwa kedatangan Islam ke Nusantara sekitar abad ke 13, melalui kontak para pedagang dan kerajaan Samudera Pasai yang menguasai selat Malaka pada saat itu.

Teori ini dikemukakan oleh S. Hurgronje dan J. PijnapelBeberapa bukti yang mendukung teori ini diantaranya batu nisan Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh tahun 1297 yang bercorak khas Islam Gujarat, catatan Marcopolo bahwa di Perlak sudah banyak penduduk yg memeluk Islam dan banyak pedagang Islam dari India yg menyebarkan ajaran Islam, serta adanya warna tasawuf pada aliran Islam yang berkembang di Indonesia.
Makam Sultan Malik As-Saleh (sumber: steemit.com)
2. Teori Persia
Umar Amir Husen dan Hoesein Djadjadiningrat berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Persia, bukan dari Gujarat. Persia adalah sebuah kerajaan yang saat ini kemungkinan besar berada di Iran.
Teori ini tercetus karena pada awal masuknya Islam ke Nusantara di abad ke 13, ajaran yang marak saat itu adalah ajaran Syiah yang berasal dari Persia. Selain itu, adanya beberapa kesamaan tradisi Indonesia dengan Persia dianggap sebagai salah satu penguat.
Terdapat beberapa bukti yang mendukung teori ini diantaranya kesamaan budaya Islam Persia dan Islam Nusantara seperti adanya peringatan Asyura dan peringatan Tabut, kesamaan ajaran Sufi, penggunaan istilah persia untuk mengeja huruf Arab, ditemukannya makam Maulana Malik Ibrahim tahun 1419 di Gresik, adanya perkampungan Leren/Leran di Giri daerah Gresik (Leren adalah nama salah satu pendukung teori ini yaitu Umar Amir Husen & PA Hussein Jayadiningrat), kesamaan seni kaligrafi pada beberapa batu nisan, serta bukti maraknya aliran Islam Syiah khas Iran pada awal masuknya Islam di Indonesia.
3. Teori China
Tokoh pencetus teori ini Slamet Mulyana dan Sumanto Al Qurtuby menurutnya bahwa sebenarnya kebudayaan Islam masuk ke Nusantara melalui perantara masyarakat muslim China.
Teori ini berpendapat, bahwa migrasi masyarakat muslim China dari Kanton ke Nusantara, khususnya Palembang pada abad ke 9 menjadi awal mula masuknya budaya Islam ke Nusantara. 
Beberapa bukti yang mendukung teori ini diantaranya:
1.     Fakta adanya perpindahan orang-orang muslim China dari Canton ke Asia Tenggara, khususnya Palembang pada abad ke 879 M.
2.     Adanya masjid tua beraksitektur China di Jawa.
3.     Raja pertama Demak yang berasal dari keturunan China (Raden Patah).
4.     Gelar raja-raja demak yang ditulis menggunakan istilah China.
5.  Serta catatan China yang menyatakan bahwa pelabuhan-pelabuhan di Nusantara pertama kali diduduki oleh para pedagang China.

4. Teori Mekkah
Teori ini menjelaskan bahwa Islam di Indonesia dibawa langsung oleh para musafir dari Arab yang memiliki semangat untuk menyebarkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke 7
Teori inilah yang paling benyak mendapat dukungan para tokoh seperti, Van Leur, Anthony H. Johns, T.W Arnold, dan Buya Hamka.
Terdapat beberapa bukti yang mendukung teori ini diantaranya:
1.     Pada abad ke 7 Masehi, di Pantai Timur Sumatera memang telah terdapat perkampungan Islam khas dinasti Ummayyah, Arab.
2.     Madzhab yang populer kala itu khususnya di Samudera Passai adalah madzhab Syafii yang juga populer di Arab dan Mesir.
3.     Adanya penggunaan gelar Al Malik pada raja-raja Samudera Pasai yang hanya lazim ditemui pada budaya Islam di Mesir.

PERSEBARAN ISLAM DI INDONESIA

Cara-cara persebaran Islam di Indonesia antara lain:
a. Perdagangan
b. Perkawinan
c. Pendidikan
d. Kesenian

PENGARUH ISLAM TERHADAP MASYARAKAT DI INDONESIA
Masuknya Islam membawa pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan
masyarakat di Indonesia antara lain: Bidang politik, sosial, agama dan 
kebudayaan. Lebih jelasnya lihat tayangan video berikut:


Demikan artikel KEHIDUPAN  MASYARAKAT PADA MASA ISLAM, baca juga artikel yang lain....

Silahkan isi quis berikut: