Periodesasi Masa Pra-Aksara Berdasar Corak Kehidupan
 A. MASA BERBURU DAN MERAMU

Kehidupan masa pra aksara adalah zaman dimana manusia tidak atau belum mengenal tulisan, pra berarti belum / tidak dan aksara berarti huruf atau tulisan. Perkembangan corak kehidupan masyarakan masa pra aksara dimulai dengan masa berburu dan meramu (food gathering), masa berburu dan meramu tingkat lanjut, masa bercocok tanam (Food producing ) dan masa perundagian atau pertukangan. 

berikut penjelasannya:

1. Masa Berburu Mengumpulkan Makanan tingkat sederhana
   Ciri-cirinya:
  a.    Kegiatan pokok berburu dan mengumpulkan makanan
  b.   Alat yang digunakan batu, kayu,dan tulang. Seperti kapak perimbas untuk menguliti kulit              binatang
  c.    Masih terganntung alam sekitar biasanya tinggal di tepi sungai dan masih nomaden
  d.    Manusianya Pithecanthropus
  e.    Pada masa Paleolithicum

     2. Masa Berburu Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut
a.    Alat yang digunakan memasuki tradisi serpih biah alat-alatnya yaitu alat dari tulang dan kapak genggam
b.    Manusianya Pithecanthropus hidup dengan nomaden secara berkelompok
c.    Biasa hidup di gua
d.    Termasuk dalam masa Mesolithicum

A. Kehidupan sosial ekonomi

Gambar: masa berburu dan meramu


Gambar: masa berburu dan meramu

Gambar: masa berburu dan meramuAktivitas berburu dan mengumpulkan makanan telah ada sejak manusia pra alsara muncul di permukaan bumi. Aktivitas ini merupakan hal paling sederhana yang bisa dilakukan manusia ketika itu. Mereka mengambil makanan langsung dari alam dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan atau biasa di sebut dengan food gathering. Manusia atau masyarakat yang berkembang pada tahap ini memilih tinggal di dataran rendah yang dekat dengan sumber air. Mereka selalu berpindah-pindah secara berkelompok dari satu tempat ke tempat lain. Mereka belum memiliki rumah sebagai tempat tinggal yang permanen. Kehidupan seperti ini memyebabkan mereka sedikit menghasilkan barang-barang kebudayaan.
B. Kehidupan Budaya
Gambar: Kampak perimbas

Gambar: alat serpih


Gambar: Abris sous roche


Gambar: Kjokkenmoddinger
Alat-alat yang di temukan pada masa berburu ini masih berbentuk sederhana, yaitu masih kasar. Alat yang di temukan yaitu Kapak Perimbas tidak memiliki tangkai dan di gunakan dengan cara menggengggam. Kapak Genggam bentuknya hampir serupa dengan kapak perimbas namun dan ukurannya lebih kecil. Kapak Penetak bentuknya hampir sama dengan kapak perimbas namun ukurannya lebih besar.
C. Kehidupan kepercayaan
Gambar: lukisan tangan di dinding gua
Kepercayaan diduga telah muncul pada masyarakat masa berburu dan mengumpulkan makanan. Hal ini di buktikan dengan di temukannya bukti – bukti tentang penguburan yang di temukan di gua lawa, sampung, ponorogo, jawa timur ; gua sodong, besuki ,jawa timur ; dan di bukit kerang ,aceh , temiang, NAD. Diantara mayat-mayat yang di kubur ada yang di taburi cat merah. Di perkirakan cat merah ini berhubungan dengan upacara penguburan dengan maksud memberikan kehidupan baru di alam baka. Selain itu di temukan pula lukisan cap tangan di dinding gua leang sulawesi selatan dan lukisan kadal di dinding gua pulai seram. 
Lebih lanjut tonton tayangan video berikut:
Jawab quis berikut:
Baca juga artikel berikutnya:

Masa Bercocok Tanam.....


Masa Perundagian....