PERIODISASI MASA PRA AKSARA
B. MASA BERCOCOK TANAM

                             
Masa bercocok tanam diperkirakan pada masa Neolithikum yaitu zaman batu baru yang terjadi 1.500 sebelum Masehi.  Manusianya berjenis Homo  soloensis dan wajakensisMasyarakat sudah hidup menetap di suatu tempat secara kelompok. Pemenuhan kebutuhan dengan bercocok taman menggunakan alat-alat dari batu, tulang maupun gading.

                                          Gambar: Homo Soloensis

                                          Gambar: Homo Wajakensis
A. KEHIDUPAN EKONOMI:
Pada masa bercocok tanam, manusia sudah tidak lagi tergantung pada alam dengan mengolah alam untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mereka bercocok tanam dengan metode Slash and Burn yaitu membuka hutan untuk ladang, selain itu mereka mengembangbiakkan binatang ternak, seperti ayam, kerbau dan hewan lain. Mereka sudah mengenal sistem perdagangan barter.

B. KEHIDUPAN SOSIAL:
Kehidupan sudah menetap atau sendenter di suatu tempat secara berkelompok dan membentuk masyarakat perkampungan yang terdiri dari beberapa keluarga dan dipimpin oleh kepala kampung.
Merka sudah mengenal gotong royong dengan pembagian tugas. Kaum laki-laki melakukan kegiatan yang banyak menhabiskan tenaga seperti, membuka ladang, membangun rumah maupun membuat perahu. Sedangkan kaum perempuan melakukan kegiatan menebar benih, merawat rumah da kegiatan yang tidak memerlukan tenaga besar.

C. KEHIDUPAN BUDAYA:
Masa bercocok tanam, manusia sudah mengenal teknologi  mengupam yaitu menggosok dan mengkilapkan batu.  Teknologi ini digunakan untuk menghasilkan kapak persegi, kapak lonjong, gerabah, perhiasan maupun baju dari kulit kayu.
Mereka sudah mengenal kepercayaan animesme dan dinamisme.

Masa ini juga mulai berkembang tradisi pendirian bangunan-bangunan Megalithikum (bangunan besar dari batu) berupa  menhir, dolmen, sarkofagus




                                                  Gambar: Kapak Lonjong


Tonton video berikut:


Jawablah quis beriku: