PERIODISASI MASAPRA AKSARA
C. MASA PERUNDAGIAN/PERTUKANGAN

Gambar: Masa perundagian

Masa perundagian atau pertukangan.
Merupakan akhir masa pra aksara di Indonesia. Undagi berarti seseorang atau sekelompok orang atau segolongan orang yang memiliki kepandaian atau keterampilan jenis tertentu, misal membuat gerabah, pembuat perhiasan atau pembuat sampan.
Masa perundagian diperkirakan pada zaman perunggu dimana manusia sudah mengenal teknologi pembuatan perkakas yang lebih tinggi teknologinya dibandingkan dengan zaman sebelumnya.

KEHIDUPAN EKONOMI:
Peralatan logam digunakan dalam kehidupan masyarakat untuk menghasilkan jumlah barang dan bahan makanan yang lebih banyak sehingga produksi makanan menjadi surplus. Pada zaman ini perdagangan sudah berjalan lebih maju, tidak hanya terbatas pada lingkup daerah saja, tetapi sudah lintas pulau bahkan lintas negara.
KEHIDUPAN SOSIAL:
Masyarakat sudah hidup menetap di perkampungan yang lebih besar daan teratur.Mereka sudah menerapkan aturan, norma dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat tersusun dalam kelompok yang beragam, ada petani, pedagang,  undagi (pengrajin/tukang).

KEHIDUPAN BUDAYA:
Pada zaman perundagian, benda-benda hasil kebudayaaan mengalami kemajuan dalam hal bahan dan teknik pembuatan. Masa perundagian telah berhasil membuat benda-benda dari logam, perunggu, dan besi. Nekara adalah benda kebudayaan dari perunggu yang berbentuk dandang telungkup dan berpinggang pada bagian tengahnya serta mempunyai tutup pada bagian atasnya. Fungsi nekara yaitu pelengkap upacara untuk memohon turunnya hujan dan sebagai genderang perang dengan cara di pukul-pukul. Kapak corong adalah benda yang dipergunakan sehari-hari yang terbuat dari perunggu dengan bentuk kapak yang bagian pegangannya berongga ( untuk tempat memasukan tangkai kayu ) sehingga menimbulkan kesan seperti corong. Perhiasan yang di temukan terbuat dari perunggu, emas, besi. Bejana berbentuk bulat panjang seperti kepis atau keranjang tempat ikan. Arca perunggu memiliki beraneka macam bentuk seperti bentuk manusia dan kuda.

Gambar: hasil perundagian
Kepercayaan pada masa perundagian tidak jauh berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Mereka masih mempraktikan pemujaan terhadap leluhur, hanya saja pada masa perundagian alat yang digunakan dalam upacara-upacara keagamaan banyak yang menggunakan bahan dari perunggu.

Lebih jelasnya silahkan tonton video berikut:



Silahkan mengisi quis berikut: